Rabu, 06 November 2013

Affiliate Dan Reseller

Pesatnya perkembangan teknologi membuat para penggunannya memanfaatkan secara maksimal baik untuk pertukaran informasi ataupun pembuatan bisnis. Saat ini sedang gencar – gencarnya para pengguna teknologi membuat bisnis online, selain dapat bertukar informasi mereka juga mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit.
          Banyaknya bisnis online membuat para pakar mengelompokannya menjadi beberapa kelompok, dan kali ini pembahasan dalam tulisan ini akan tertuju pada salah satu bisnis online yaitu “ Affiliate Dan Reseller”. Apa itu Affiliate Dan Reseller? Bagaimana sistemnya? Materi tersebut akan kita bahas selengkapnya dalam tulisan ini.

Pengertian Dan Sistem
Affiliate adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual. Di luar negeri, afiliasi memiliki kedekatan  dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara.
Reseller adalah menjual kembali suatu produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual tersebut membelinya, yang artinya tidak ada keterkaitan antara reseller dengan pemilik produk (berbeda dengan affiliate).
Pada prinsipnya sistem affiliate dan reseller adalah sama. Yaitu sama-sama bertujuan untuk menjualkan produk orang lain, menjadi media perantara antara produsen atau distributor dengan end user atau konsumen. Atas jasa pemasaran tersebut maka mereka berhak untuk mendapatkan komisi, yang besarannya disesuaikan dengan aturan dari pihak produsen atau distributor. Yang membedakan antara sistem reseller dan affiliasi yaitu :
§  Sistem affiliate adalah salah satu sistem yang digunakan dalam bisnis online, dengan menjualkan produk atau jasa orang lain tanpa syarat apapun. Sehingga kita hanya diwajibkan mendaftar, tanpa perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang akan kita tawarkan. Namun komisi affiliate juga tidak sebesar komisi program reseller, biasanya berkisar antara 20% hingga 50%. Misalnya clickbank.com
§  Sedangkan program reseller adalah sistem yang dapat dijalankan untuk bisnis online, dengan menjualkan produk atau jasa orang lain dengan syarat kita harus membeli atau memiliki produk atau jasa yang akan kita pasarkan. Komisi yang diberikanpun juga bervariasi, namun lebih besar daripada komisi yang diterima affilitor yaitu berkisar antara 30% hingga 80%.
Selain perbedaan, ada beberapa persamaan dalam affiliate dan reseller dalam menjalankan sistemnya. Berikut point – pointnya
1.     Sebelum menjadi affiliate ataupun reseller suatu produk, biasakan mempelajari informasi tentang produk atau jasa yang akan dipromosikan.
2.     Pilihlah produk yang diminati pasar atau prduk yang disukai. Jadi selain memasarkan produknya, kesenangan dari kegiatan tersebut juga dapat memperoleh agar tidak mudah bosan.
3.     Lakukan dengan menggunakan strategi marketing atau promosi yang beda daripada yang lain. Sehingga bisa menarik perhatian orang. Contohnya dengan memberikan bonus atau tambahan yang menarik minat beli konsumen.
4.     Berikan tambahan pengalaman untungnya mengikuti bisnis affiliate atau reseller produk tersebut, agar konsumen yakin dengan penawaran yang ada. Bisa menggunakan blog atau website untuk mengoptimalkan promosi.
5.     Mengajak kerjasama beberapa orang untuk membantu penjualan, misalnya saja mengajak rekan yang belum menjadi reseller untuk membantu memasarkan produk yang ditawarkan dengan membagi komisi yang diperoleh.
6.     Yang keenam adalah tekun, fokus serta memberikan inovasi – inovasi baru yang dapat menarik minat konsumen lebih banyak. Pikirkan tentang cara meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan.

Kelebihan Dan Kekurangan
Kelebihan
1.     Tanggung Jawab Kecil
Menjadi seorang owner atau pemilik sebuah bisnis online mandiri memang secara penghasilan tentu saja lebih besar dibandingkan dengan mengikuti bisnis online oang lain. Tetapi hal itu juga diimbangi dengan persiapan yang tidak mudah serta tanggung jawab yang tidak kecil. Seorang pemilik bisnis online bertanggung jawab kepada para member atau customernya atas keberlangsungan bisnis online tersebut dan kualitas produk yang dijual. Berbeda halnya dengan seorang affiliate marketing atau reseller yang tentu saja memiliki tanggung jawab lebih kecil karena hanya berkonstrentasi pada masalah promosi.

2.     Tidak Memerlukan Keahlian Tinggi
Untuk menjadi seorang affiliate marketer atau reseller tidaklah mengharuskan seseorang harus menguasai hal-hal teknis seperti cara membuat website, pemograman, dll. Sedangkan menjadi seorang owner bisnis online dibutuhkan pengetahuan atau keahlian cukup dibidang bisnis online. Untuk seorang pemula, tentu saja dengan memilih menjadi affiliate marketer adalah lebih tepat karena umumnya seorang pemula masih harus belajar lebih banyak lagi.

3.     Media Belajar Sekaligus Menghasilkan
Menjadi seorang affiliate marketer atau reseller adalah cara yang tepat untuk belajar lebih banyak tetang bisnis online disamping itu tentu juga Anda tetap mendapat penghasilan. Wow luar biasa, Anda belajar dan dibayar. Gunakanlah kesempatan tersebut sebaik-baiknya, pelajarilah ilmu internet marketing sebanyak-banyaknya, dan jangan lupa untuk selalu mempraktekannya.

4.     Dapat Dijadikan Kerja Part Time (Sambilan)
Seperti disinggung dipoin pertama, menjadi seorang owner bisnis online mandiri memiliki tanggung jawab lebih besar dibandingkan dengan menjadi seorang affiliate marketer atau reseller. Karena seorang pemilik bisnis online mandiri dituntut untuk selalu fokus pada bisnis online yang ia kelola demi menjamin kepuasan pelanggan dan memastikan sisitem berjalan dengan baik. Hal ini akan sedikit sulit jika diposisikan sebagai sambilan atau dipadukan dengan pekerjaan lain. Jikapun bisa tetap saja hasilnya tidak akan maksimal. Jika Anda masih memiliki pekerjaan utama didunia offline, dan menempatkan bisnis online hanya sebagai sambilan, maka menjadi affiliatte marketer atau reseller adalah pilihan yang tepat.

5.     Tidak Pusing Memikirkan Produk, Sistem dan Pengiriman Barang
Banyak orang yang mudur dalam memulai usaha baik online maupun offline adalah karena mereka merasa proses penyediaan produk, mengelola stok, mengatur sistem, pengiriman produk ke konsumen dll, semuanya sangat rumit dan memusingkan. Dengan menjadi affiliate marketer atau reseller maka hal-hal yang memusngkan tersebut tidak akan berlaku. Tugas seorang affiliate marketer dan reseller hanyalah berpromosi dan menghasilkan penjualan, setelah itu nikmatilah komisinya.
Kekurangan
1.     Hasil Hanya Sekali
jika inginmenjual produk affiliate lain maka harusmemulai lagi dari nol untuk dapat pembeli baru, keluar dana extra untuk berbagai teknik promosi online.

2.     Sibuk Update Produk
Hal ini sudah pasti, karena jika ada perubahan harga, perubahan produk, maka pelaku affiliate akan kesibukan meng-update data – data agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam transaksi barang, terlebih jika harus ada penambahan informasi atau penambahan promosi.


3.     Tidak Dapat Diwariskan
Kecil Kemungkinannya untuk mewariskan bisnis online  kepada keluarga, karena tidak semua keluarga dapat menjalankan bisnis online. Terlebih bisnis online biasanya hanya diketahui si owner.

4.     Penghasilan Lebih Kecil
Penghasilan pelaku affiliate lebih kecil dibandingkan pemilik web (jika menggunakan web dalam pemasarannya). Hal yang wajar memang jika pemilik memiliki hak lebih besar, tapi hal tersebut mejadi tidak wajar jika melihat modal apa saja yang telah di keluarkan.

Kelompok :
1. Ivan Jond                             = 53410680 
2. M Bima Bagus                    = 54410123 
3. Oka Bakti Pratama              = 55410247 
4. Randy Rizki Permana         = 55410634 
5. Ridowan                              = 55410914
6. Abdurahman Harris            = 50410042
7. Riyan Hadi Saputro            = 56410080

Minggu, 13 Oktober 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

 1.      CONTOH PROFIL PERUSAHAAN YANG BERGERAK DIBIDANG IT
(Dikerjakan Oleh : Ivan Jond)
Gamatechno memulai operasinya pada Januari 2003 dengan nama Gama Technocamp, berkantor di Sekip N53 sebagai salah satu unit usaha dibawah PT. Gama Multi Usaha Mandiri yang didirikan oleh Universitas Gadjah Mada. Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan, maka pada 4 Januari 2005 secara resmi menjadi PT. Gamatechno Indonesia serta menempati Gedung Tekno Gama di Jl. Cik Di Tiro 34 Yogyakarta sebagai kantor pusat.

PT. Gamatechno Indonesia (Gamatechno) adalah manifestasi kompetensi UGM dibidang Teknologi Informasi yang menggabungkan kompetensi dan bakat dengan kultur budaya kreatif kota Yogyakarta. Gamatechno menyediakan solusi total teknologi informasi dengan fokus bisnis pada penyediaan produk software serta jasa konsultasi, pengembangan dan implementasi sistem yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan dibidang akademik, pemerintahan dan korporat.

Gamatechno memiliki keunggulan utama dalam penguasaan teknologi terkini yaitu Smartcard, RFID dan mobile solutions.Pada awal tahun 2006, Gamatechno lebih memfokuskan pelayanan Content Provider dan Competency Center melalui pembentukan anak perusahaan baru, yaitu PT. Inspira Inovasi Indonesia. Selain anak perusahaan, saat ini Gamatechno juga memiliki perwakilan di Jakarta sebagai sarana peningkatan layanan pelanggan dan mitra.

Beberapa client perusahaan .
a.       Institusi Bisnis : Bank Mandiri, Primagama, Microsoft Indonesia
b.      Institusi Pendidikan : MM UGM, STIE YKPN, Universitas Bung Hatta.
c.       Institusi Pemerintah : Polda Jambi, Pemkab Kendal, Dinas Pertanian.

2.      Cari Contoh Document untuk mendirikan perusahaan dan beri penjelasan tiap document.(dikerjakan oleh : Ridowan Nasution, Abdurahman Harris, Muhamad Bima.
Berikut saya tampilkan beberapa document yang digunakan untuk mendirikan perusahaan:



SIUP


 Siup adalah Surat Izin Usaha Perdagangan dimana SIUP ini merupakan surat izin untukmendirikan suatu perusahaan atau CV. Dengan adanya SIUP maka pendiri perusahaan atau CV dapat melakukan peminjaman modal pada BANK.
TDP

Tanda Daftar Perusahaan adalah surat pembuktian bahwa usaha yang didirikan benar sesuai dengan tempat domisili. TDP juga berfungsi untuk memperpanjang izin usaha.

  
NPWP












Nomor Pokok Wajib Pajak adalah identitas pembayaran pajak suatu perusahaan. NPWP wajib ada bagi perusahaan yang berpenghasilan diatas penghasilan tidak kena pajak.

Akte Notaries.

Akte notaries adalah  surat kuasa dari notaries tentang izin suatu usaha yang taat hukum. Notaries  bertanggung jawab keseluruhan terhadap pendiri perusahaan dengan adanya akte notaries menyatakan bahwa perusahaan teresebut sah dan legal.

SPT





Surat Pemberitahuan (SPT) adalah surat yang oleh Wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.


3.      Bagaimana Mekanisme mendapatkan proyek TI melalui Tender.
(dikerjakan oleh : Randy Rizki Permana, Oka Bakti utama. Riyan Hadi Saputro)


























Contoh diatas adalah Pengumuman Pelelangan Umum yang dilakukan melalui media massa. Pengumuman Pelelangan itu dilakukan oleh Panitia Pengadaan Barang dan Jasa dari suatu instansi Pemerintah (KPK).
Dari pengumuman itu terlihat bahwa instansi pemerintah tersebut telah membentuk suatu Panitia Pengadaan Barang dan Jasa yang khusus ditugaskan untuk melaksanakan tender. Perusahaan-perusahaan peserta Pelelangan/Tender harus memenuhi syarat-syarat kualifikasi sumber dana, perpajakan dan syarat-syarat administratif suatu badan usaha.Dokumen Lelang/Tender dapat di download dari website instansi atau diambil di Panitia Tender. Aanwijzing yaitu penjelasan dari Panitia Tender sehubungan dengan Dokumen elang/Tender, Spesifikasi Barang dan Jasa yang di tenderkan, Rencana Kerja dan Syarat (RKS) Pengadaan Barang dan Jasa, bentuk Kontrak atau Perjanjian Pengadaan Barang dan Jasa, serta hal-hal lain sehubungan dengan pelaksanaan tender dimaksud. Setelah melalui tahap aanwijzing maka setiap badan usaha peserta tender akan mempersiapkan dan mengajukan Surat Penawaran atas Barang dan Jasa yang di tenderkan.
Surat Penwaran dialamatkan langsung kepada Panitia Tender. Dilarang mengirimkan surat penawaran kepada orang perorang anggota panitia lelang atau pejabat Iainnya, terutama jika tender dilakukan oleh instansi pemerintah. Surat Penawaran yang asli harus dibuat diatas Kepala Surat perusahaan,bertanggal, bermeterai cukup, dan di cap dan tandatangani oleh pimpinan perusahaan. Surat Penawaran beserta berkas lampirannya dimasukkan kedalam sampul tertutup. panitia Tender pada saat menerima sampul tertutup yang berisikan surat penawaran dan lampiran berkasnya akan memberi surat tanda terima dimana di cantumkan nama perusahaan perserta tender, jam dan tanggal penerimaan. Catatan yang sama dibuat pada sampul Iuar Dokumen penawaran Tender. Semua dokumen penawaran tender akan dimasukkan kedalam kotak penyimpanan yang dikunci dan disegel oleh panitia tender.
Sesuai Dokumen Tender maka panitia Tender akan membuka kunci dan Segel kotak penyimpanan semua surat dan dokumen penawaran pada tanggal dan jam yang ditentukan. pembukaan kotak dokumen penawaran dilakukan dihadapan semua perusahaan peserta tender yang hadir sebagai saksi-saksi. Setelah pembukaan kotak maka panitia tender akan membuka semua sampul surat penwaran yang ada dalam kotak dan membacakannya satu persatu dihadapan saksi yang hadir. Dalam pembacaan ini mula-mula akan dipilih dan ditentukan surat penawaran yang memenuhi persyaratan administratif dan teknis yang telah ditentukan dalam dokumen tender. Yang tidak memenuhi persyaratan tersebut akan ditolak sebagai peserta tender. Surat penawaran tender yang memenuhi persyaratan administratif dan teknis akan diterima oleh panitia tender sebagai peserta tender, dan akan mengikuti tahap-tahap pemilihan berikut untuk menentukan perusahaan pemenang tender. Tahap-tahap pemilihan berikut adalah penentuan dari penawaran barang dan jasa yang terbaik. Kemudian penentuan jaminan finansial peserta tender yang memenuhi persyaratan, pengalaman dan reputasi peserta tender dipertimbangkan untuk menjamin kelancaran pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang diperlukan. Peserta tender yang lolos dari tahap pemilihan tersebut diatas selanjutnya akan mengikuti pemilihan berdasarkan harga penawaran terbaik dan termurah untuk menentukan peserta pemenang tender. Setiap tahap pemilihan tersebut diatas masing-masing dicatat dan dibuat dalam suatu Berita Acara.

1. Ivan Jond = 53410680 
2. M Bima Bagus = 54410123 
3. Oka Bakti Pratama = 55410247
4. Randy Rizki Permana = 55410634
5. Ridowan = 55410914 
6. Abdurahman Harris = 50410042 
7. Riyan Hadi Saputro = 56410080


Selasa, 09 April 2013

Apa itu Game

Definisi game :
Kata GAME berasal dari bahasa Inggris. Dalam kamus bahasa Indonesia istilah “Game” adalah permainan. Permainan merupakan bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan keduanya saling berhubungan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian kelincahan intelektual ( Intellectual Playability Game) yang juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Dalam game, ada target - target yang ingin dicapai pemainnya. Permainan adalah kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Sebuah permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan. Disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan rekayasa atau buatan. Dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan.
Manfaat game :
Koordinasi mata dan tangan
Bermain video game sebenarnya dapat meningkatkan ketangkasan anak Anda, yang sangat berguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, tetapi hal itu kurang menarik keinginan anak-anak untuk mencobanya.
Keterampilan sosial
Kurangnya keterampilan sosial dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain secara teratur dapat merusak perkembangan anak dan bahkan menyebabkan depresi. Anak-anak yang pemalu dan kurang percaya diri ketika bersosialisasi dengan teman mereka mungkin akan lebih mudah membuka diri saat bermain video game. Dengan bermain game online, anak-anak dapat berinteraksi dengan banyak orang, bahkan orang yang tidak mereka kenal.
Peningkatan kemampuan belajar
Kompleksitas games memberikan anak Anda kesempatan untuk meningkatkan keterampilan kognitif seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan. Video game telah berkembang ke titik di mana penggunanya harus mengambil kendali dan berpikir sendiri. Bahkan banyak permainan yang mendorong anak untuk menjadi sabar dan kreativ dalam memecahkan sebuah teka-teki sebelum mereka dapat maju ke tahap berikutnya.
Mengurangi stres
Stres tidak hanya dialami oleh orang tua tetapi juga anak-anak. Beberapa orang tua terkadang menaruh harapan dan tuntutan yang sebenarnya anak-anak mereka tidak suka, misalnya terkait hobi dan belajar. Bermain game dapat menjadi jalan keluar bagi anak Anda lepas dari tekanan untuk mengurangi tingkat stres.
Membuat orang senang
Salah satu efek terbesar dari bermain game adalah membuat orang bahagia. Namun, sangat penting untuk membatasi waktu bermain game, karena ada kemungkinan bahwa alat ini membuat Anda menjadi kecanduan. Biarkan anak-anak Anda untuk bermain game sesering mungkin, tapi jangan lupa mengingatkan mereka untuk berhenti. Pastikan pula anak Anda tetap melakukan aktivitas di lingkungan sosial.
Jenis-jenis game :
RPG (Role Playing Game)
RPG adalah salah satu game yg mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplay nya. Biasanya dalam game ini kita memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia game tersebut, dan kadang kala dalam beberapa game, kita dapat menentukan ending dari game tersebut
RPG terbagi 2 : Action RPG & Turn Based RPG (Menunggu giliran kita untuk berjalan seperti Monopoly)
FPS (First Person Shooting)
FPS adalah game yg tembak menembak yg memiliki ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama yg membuat kita dibelakang senjata
Third Person Shooter
TPS adalah game yg mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembak menembak hanya saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini adalah orang ketiga.
Strategy
STRATEGY adalah genre game yg memiliki gameplay untuk mengatur suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka memenangkan permainan. biasanya di dalam game Strategy, kita dituntut untuk mencari gold untuk membiayai pasukan kita.
Games Strategy dibagi 2 :
Real Time Strategy (RTS)
pada game ini, kita dapat mengendalikan pasukan secara langsung, dari mencari sumber daya, hingga menghancurkan musuh. Semua pertempuran ini dapat kita saksikan secara langsung.
Turn Based Strategy (TBS)
sistem nya seperti Turn Based RPG, tetapi disini selain mengendalikan character utama, kita mengendalikan pasukan dan kota kita untuk memenangkan pertarungan. biasanya kita memainkan game nya di atas peta.
Simulation
Adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat diperhatikan agar semirip didunia nyata. Segala nilai, material, referensi, dan faktor lainnya adalah berdasarkan dunia nyata. Cara memainkannya juga berbeda, karena biasanya kontrol yang dimiliki cukup rumit. Genre simulasi meliputi game racing, flight, sampai militer
Tycoon
Tycoon adalah game yg menjadikan kita sebagai seorang bussinesman yang akan mengembangkan sesuatu Property untuk dikembangkan hingga laku di pasaran
Racing
Racing Game adalah game sejenis racing yg memungkinkan kita untuk mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.
Action Adventure
Action Adventure adalah game berupa petualangan salah seorang karakter yg penuh dengan penuh aksi yg akan terus ada hingga game tersebut tamat. (Biasanya Action dimasukan kategori RPG)
Arcade
Arcade game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan "just for fun" atau untuk kejar-mengejar point / highscore
Fighting Game
Fighting adalah genre game bertarung. Seperti dalam arcade, pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya. Genre fighting biasanya one on one dalam sebuah arena yang sempit
Sports
Adalah genre bertema permainan olahraga. Sistem permainan akan berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut

contoh game pada android.

PES form android

Sumber : 
monggomapirr.blogspot.com

Sabtu, 08 Desember 2012

Cara membuat LOGO menggunakan CORELDRAW X6

Disini saya akan menjelaskan bagaimana mabuat LOGO pada CORELDRAW X6.

Awla mula create new. Atur tinggi dan lebar 500 px * 500 px. Lalu klik OK.


Langkah kedua buat text. Dengan cara teka F8 pada keyboard atau tools yang ada pada pojok kiri layar anda. Disini saya membuat text NS dan NUSANTARA. Pertama yang akan kita convert yaitu text NS.
Langkah ketiga. Pada text NS akan kita convert to curves. Pertama blok text tersebut lalu arrange>convert to curves atau CTRL+Q.
Langkah keempat yaitu setelah di convert maka kita akan menambahkan add perspektif. Pertama klik effect>add perspektif. Kemudian atur sedemikan rupa menjadi seperti ini atau mmenurut selera kalian.

Jumat, 16 November 2012

HUKUM Di Indonesia

"Sebenarnya bingung juga sich gimana sich kinerja hukum di negara kita ini. Seolah-olah negara kita tidak memiliki hukum yang jelas. Banyak para tindak kejahatan yang bebas keluyuran. Sampai sampai ada yang pergi ke bali hanya untuk  menonton pertandingan badminton."

perkembangan grafis dan pemodelan serta pengaruhnya


Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Senin, 05 November 2012

Pengertian Kecerdasaan Buatan

AI atau Kecerdasan Buatan merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. AI dilihat dari berbagai sudut pandang :
  •   Sudut pandang Kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’.
  • Sudut pandang  Penelitian : studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan oleh manusia.
  • Sudut pandang  Bisnis : kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisnis. 
  • Sudut pandang Pemrograman : studi tentang penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).
Aplikasi ini memiliki 2 bagian utama, yaitu:
  • Basis Pengetahuan (Knowledge Base) : berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan lainnya. 
  •  Motor Inferensi (Inference Engine) : kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.

Jumat, 19 Oktober 2012

Sistem PEGASUS dalam Kercerdasan Buatan

Perkenalan Pegasus
Proyek Pegasus mencakup seperangkat teknologi yang membantu alur kerja berbasis aplikasi mengeksekusi di sejumlah lingkungan yang berbeda termasuk desktop, cluster kampus, grid, dan awan. Pegasus menjembatani domain ilmiah dan lingkungan eksekusi secara otomatis memetakan tingkat tinggi deskripsi alur kerja ke sumber daya didistribusikan. Secara otomatis menempatkan data masukan yang diperlukan dan sumber daya komputasi yang diperlukan untuk alur kerja eksekusi.Pegasus memungkinkan para ilmuwan untuk membangun alur kerja secara abstrak tanpa khawatir tentang rincian dari lingkungan eksekusi yang mendasari atau keterangan dari tingkat rendah spesifikasi yang disyaratkan oleh middleware (Condor, Globus, atau Amazon EC2). Pegasus juga menjembatani cyberinfrastructure saat ini dengan efektif mengkoordinasikan beberapa sumber daya yang didistribusikan.

Sekilas Tentang GRAIFK

Grafik adalah sebuak bentuk komunikasi visula dimana dengan sebuah titik atau gorsen sederhana dapat menglkomunikasikan pesan kepada orang lain.

Peranan grafik dalam Dunia Pendidikan
Dalam dunia pendidikan , grafis dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan atau informasi yang bersifat edukatif. Perkembangan teknologi dan komputer membuka peluang pemanfaatan dan pengolahan grafis menjadi bahan-bahan visula yang sangat bervariatif, secara garis besar bahan visual dapat dikategorikan ke dalam gambar diam (Static picture) dan gamabar gerak (motion picture). Media garis banyak digunakan dan dihadirkan pada gambar gerak yang dimanipulasi atau diolah lebih lanjut sehingga menimbulkan efek gerakan. Media visual, termasuk grafis, juga memiliki keunggulan dan kelebihan sendiri-sendiri. Banyak orang masih beranggapan.medai grafis yang dimanipulasi kedalam gambar gerak lebih efektif digunakan dalam pembalajaran.

Minggu, 14 Oktober 2012

PERANCANGAN ANALISI & ALGORITMA (Part 1)

Kali ini saya ingin pos sesuatu yang baru yaitu sebuah materi tentang "Peranc Analisi & Algoritma".

Terdapat sebuah kasus  Tentukan apakah bilangan Positif/Negatif dengan menggunakan 3 cara yaitu:
  1. Bahasa Indonesia
  2. Psuedo-Code
  3. Flowchart
Cara Bahasa Indonesia
  • Mulai
  • Masukkan bilangan yang akan disimpan pada var N
  • Lalu lakunlah sebuah kondisi N<=0
  • Jika YA Bilangan Negatif, maka cetak "BIL NEGATIF"
  • Jika  TIDAK Bilangan Positif, maka cetak "BIL POSITIF"
  • Selesai

Kamis, 04 Oktober 2012

Pengertian dan Fungsi di PHPMYADMIN part2


Ok ini adalah lanjutan dari part yang kemarin. Silakkan di nikmati

5. Mengurutkan Database
a. Klik home
b. Lalu klik databse

6. Menghapus Database
a. Pilih databse yang akan didelete. Kemudain klik drop
b. Lalu klik “OK” pada pesan yang muncul






 



 7. Mengexport Database
a. Pilih databse yang akan di export
b. Lalu klik export. Kemudian ubah configurasi pada “SQL Compability mode” menjadi “MYSQL 323”
c. Kemudian centang save as. Lalu klik go


Senin, 01 Oktober 2012

Pengertian dan Fungsi di PHPMYADMIN (part1)

Phpmyadmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman php yang digunakan untuk menangani administrasi MYSQL melalui jejaringan jagat jembar
( World Wide Web). Phpmyadmin mendukung berbagai aplikasi mysql, diantaranya (mengelola basis data, table- table, bidang, relasi, indeks, pengguna, perizinan, dll)
Phpmyadmin dimulai pada tahun 1998 oleh Tobias Ratschiller seseorang konsultan IT. Ratschiller mengerjakan sebuah program bernama MYSQL-webadmin dengan bebas, yang merupakan produk dari Petrus Kuppelwieser, yang telah berhenti mengembangkannya pada saat itu. Ratschiller menulis kode baru untuk phpmyadmin, dan ditingkatkan pada konsep dari proyek Kuppelwieseer.
Ratschiller meninggalkan proyek phpmyadmin pada tahun 2001. Sekarang sebuah tim dari delapan pengembang yang dipimpin oleh Oliver Muller meneruskan pengembangan phpmyadmin di SourceForge.net. beberapa pengembang diantaranya :
a. Marc Delisle
b. Michal Cihar
c. Sebastian Mendel
d. Herman van Rink

Sabtu, 23 Juni 2012

TOOLS UNTUK MENGUKUR NILAI SEBUAH WEBSITE dan BAGAIMANA CARANYA UNTUK MEMBUAT SEBUAH WEBSITE SERING DIKUNJUNGI


Tools untuk mengukur nilai sebuah website
Media online sekarang ini menjadi media yang amat popular untuk berbagai kepentingan seperti bisnis, bertukar informasi, dan lain – lain. Dengan segala kemudahan dan keunggulan, website menjadi produk teknologi informasi yang amat penting.  Namun seiring dengan perkembangannya,banyak sekali website– website yang hadir dengan segala keunggulan yang ada.  Pada artikel ini akan menjelaskan berbagai tools yang tentunya berguna untuk anda yang ingin memulai membuat website dan menilai website anda. Disini akan dibahas mengenai erbagai tools untuk mengukur suatu website.  Berikut penjelasan dari masing – masing tools.

1.      Page Speed Online

Kecepatan akses merupakan salah satu aspek yang penting dalam pembuatan suatu website.  Menunggu website yang loading-nya lama merupakan sesuatu yang menyebalkan bagi pengunjung website kita. Dalam pembuatannnya, tentu pembuat website harus memerhatikan hal ini.    Dan Page Speed Online ini merupakan tools online untuk mengukur akses suatu website dari aspek kecepatan akses.  Tools yang merupakan salah satu produk Google ini merupakan tools yang lazim digunakan para pembuat web untuk menguji score website mereka. Untuk menggunakan tools ini, cukup dengan membuta link https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights kemudian kita masukkan alamat website kita. Setelah meng-klik tombol analyze, akan muncul score dari website kita




SARAN UNTUK 3 SITUS GUNADARMA

Okeh kali ane ingin mebahas tentang kekurangan yang terdapat pada situs gunadarma baik itu meliputi keamanan maupun tampilan.
Pertama pada situ http://baak.gunadarma.ac.id yaitu pada pilihan menu bar , apabila kurso memilih situs jaringan kenapa link menu pilihan tidak tepat dibawah pada menu yang dipilih.

Senin, 07 Mei 2012

Media Penyimpanan SASD & DASD

Ok berikut ini adalah video untuk materi sistem berkas dengan judul Berkas Sequential ( Media Penyimpanan DASD & SASD). Silakkan menikmati




Kamis, 05 April 2012

Pengertian WEB SCIENCE dan Masa Depan Web

Sejarah web science sendiri dimulai dari sebuah kesepakatan antara MIT dan University of Southampton untuk menjembatani dan merumuskan dan teknis aspek-aspek sosial dari World Wide Web. Hal ini pertama kali diumumkan di MIT pada tanggal 2 Novenber 2006 sebagai Web Science Research Initiative (WSRI), yang kemudian mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science Trust.organisasi yang diketuai oleh Tim Berners-Lee ini bertujuan untuk mencari dukungan lebih banyak lagi dari pihak pemerintah dan swasta untuk bekerjasama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentang Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat.
Jadi web science adalah sebuah disiplin ilmu pengetahuan berbasis web yang fokus pada pengembangan kebutuhan komunikasi dan representasi. Web science sendiri terdiri dari berbagai cabang disiplin ilmu yang bertujuan untuk mengkoordinasi dan meningkatkan lebih lagi pembelajaran tentang web (World Wide web).hal ini sangat diperlukan karena perkembangan web yang sangat pesat pada saat ini disadari dapat digunakan sebagai sarana untuk mengubah masyarakat kearah yang lebih baik sehingga kita semua dapat merasakan manfaat dari web secara positif.Jadi web science ini bertujuan supaya fungsi dan manfaat web dapat tepat sasaran dan tepat guna di kalangan masyarakat pada umumnya.

Pengertian Clien Server dan Arsitektur Tipe Jaringan

Clietn-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client dan server. Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server. Sistem client server didefinisikan  sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada perbedaan karakteristik yaitu:
  •          Servis (layanan)
·         Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin yang berbeda
·         Pemisahan fungsi berdasarkan ide layanan
·         Server sebagai provider, Client sebagai  konsumen
  •         Sharing resource (Sumber daya)
·    Server bisa melayani client pada saat waktu bersama, dan meregulasi akses bersama untuk sumber daya dalam menjamin konsitensinya
  •          Asymmtrical Protocol (Protocol yang tidak simetris)
·  Many to one relationship antara clinet server. Client selalu menginisiasikan dialog
  melalui  layana perintah, dan server menunggu secara pasif request dari client
  •          Transparansi lokal
·  Proses yang dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama atau pada mesinyang berbeda melalui jaringan. Lokasi server haurs mudah diakses oleh client
  •          Mix dan Match : Perbedaan Server-Client platform
  •        Pesan berbasiskan komunikasi : Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yaang     menyertakan permintaan jawaban
  •      Pemisahan interface dan Implementasi : Server bisa di updgrade tanpa mempengaruhi client selama interface pesan yangditerbitkan tidak berubah

Bentuk Sistem Komunikasi Data


Suatu sistem komunikasi data dapat berbentuk off-line communication system atau on-line communication system.

Off-Line Communication System
Suatu bentuk sistem komunikasi data yang sederhana dapat berbentuk off-line communcation system, yaitu data yang ditransmisikan tidak langsung diproses oleh CPU penerima.

On-Line Communication System
Suatu on-line communcation system data yang dikirimkan akan langsung diterima oleh komputer pusat unutk diolah. On-line communication system dapat berbentuk remote job ntry(RJE) system, realtime system, time sharing system, atau distributed data processing system.

Remote Job Entry System
Data yang dikirimkan dikumpulkan terlebih dahulu dan secara bersama-sama dikirimkan ke komputer pusat untuk diolah. Karena data dikumpulkan (batch) terlebih dahulu dalam suatu periode, cara pengolahan sistem ini disebut dengan batch processing system. Hasil dari pengolahan data umumnya ada di komputer pusat dan tidak dapat langsung seketika dihasilkan, karena komputer pusat harus sekaligus mengolah sekumpulan data yang cukup besar.

Web dan Pemrograman HTML dasar

A. Pengenalan World Wide Web (WWW)
Internet adalah sebuah solusi jaringan yang dapat menghubungkan beberpa jaringan local yang ada pada suatu daerah, kota, atau bahkan adanay internet kita dapat menghubungkan beberapa jaringan local yang ada pada setiap tempaat. Tdak hayan itu juga dengan adanay fasilitas internet setiap orang dapat melakukan kegiatan aapa saja seperti mengirim email, mencari data, bermain game, akses bank, dll.
Untuk dapat menghubungkan beberapa komputer sehingga menjadi sebuah kelompok jaringan. Kita membutuhkan suatu media penghubung yang bernama TCP/IP, yaitu sebuah protocol yang mengidentifkasi sebuah komputer yang terhubung didalam jaringan. TCIP/IP memiliki tehnik mengidentifikasi dengan penomoran yang dinamkan nomor IP/IP address (Internet Protocol Address). Dengan menggunakan nomor ini sebuah komputer dapat terhubung dengan komputer lain dakam sebauh jaringan atau dalam sebuah jaringan global yang disebut internet.
Selain ghoper, WWW atau yang disebut world wide web adalah sebuah bagian dari internet yang sangat dikenal dalam dunai internet, dengan adanya WWW seorang pengguna dapat menampilkan sebuah halaman virtual yang disebut dengan web site. Jika dilihat dari proses kerjanya WWW dapat dibagi menjadi beberapa komponen seperti berikut:

Penggolongan Komputer


Komputer oleh beberapa profesional digolongkan dalam beberapa sudut pandang. Ada yang mengolongkan berdasarkan datanya, berdasrkan penggunaanya, berdasrkan ukurannya, dan berdasarkan generasinya.
Berdasarkan Data yang Diolah
Berdasarkan data yang diolahnya, komputer digoliingkan kedalam tiga golongan, yaitu analog computer(komputer analog), digital computer(komputer digital), hybrid computer(komputer hybrid).
A. Analog Computer
            komputer analog digunkan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk phisik. Seperti halnya arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan, dan lain sebagainya. Output dari komputer anolg umumnya adalah unutk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin. Misalnya sebuah komputer analog digunakan untuk mengatur katup guna pengontrolan aliran fluida yang mengalir lewat sebuah pipa, atau digunakan unutk mengatur temperatur didalam suatu alat pembakaran.
Komputer analog banyak digunana pada proses pengontrolan pda pabrik kimia, pembangkit tenaga listrik, penulingan minyak, rumah sakit untuk mengutur detak jantung dan lain sebagainya. Keuntungan dari komputer analog adalah kemampuanya untuk meneriam data dalam besaran phisik dan langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu seperti pada komputer digital, shingga proses dari komputer analog lbih cepat dibandingkan dengan komputer digital. Kerugian komputer analog adalah terletak pada faktor kecepatannya. Komputer digital lebih cepat dari pda komputer analog.