Sabtu, 08 Desember 2012

Cara membuat LOGO menggunakan CORELDRAW X6

Disini saya akan menjelaskan bagaimana mabuat LOGO pada CORELDRAW X6.

Awla mula create new. Atur tinggi dan lebar 500 px * 500 px. Lalu klik OK.


Langkah kedua buat text. Dengan cara teka F8 pada keyboard atau tools yang ada pada pojok kiri layar anda. Disini saya membuat text NS dan NUSANTARA. Pertama yang akan kita convert yaitu text NS.
Langkah ketiga. Pada text NS akan kita convert to curves. Pertama blok text tersebut lalu arrange>convert to curves atau CTRL+Q.
Langkah keempat yaitu setelah di convert maka kita akan menambahkan add perspektif. Pertama klik effect>add perspektif. Kemudian atur sedemikan rupa menjadi seperti ini atau mmenurut selera kalian.
  

Langkah keempat kita akan mendesain tulisan tersebut. Klik effect>extrude. Pada pojok kanan maka akan ada tools extrude. Lalu pilih edit. Small back. Kemudian OK. Setelah itu tekan CTRL+K drag objek text tersebut sampai terpisah dari objek awal.
 

Langkah keenam berikan warna pada objek tersebut. Tekan F11.
Langkah ketujuh pada text NUSANTARA. Kita curve to convers. Caranya sama seperti diatas.

  
Langkah ketujuh . kita transformasi text. Effect transform->invers. Drag text tersebut hingga pisah dari text asli. Lalu klik shape too pada pojok kiri layar anda. Tarik text tersebut sesuka anda.
Sehingga hasil akhir menjadi seperti ini.
 
Maksud dari logo tersebut yaitu. NUSANTARA adalah nama Negara Kesatuan Indonesia dari Marauke sampai Sabang. Disini saya lambangkan dengan NS. Pada lamabang tersebut terdapat sebuah gradasi warna biru dan hijau. Warna tersebut saya artikan sebagai kepaluan yang dikelilingi oleh lautan. Karena nusantara kita terdiri dari kurang lebih 17 ribu pulau kecil dan besar. Dimana setiap pulau dikelilingi oleh hamparan lautan nan luas. Sedangkan kata NUSANTARA dengan corak seperti gambar diatas adalah ketidak sengajaan pembuat,karena dilihat menarik. Sebenarnya kata tersebut pasti sudah banyak yang menggunakan tetapi saya jamin tidak ada kata seperti  yang terdapat pada logo saya. Saya berniat memasaangkan logo tersebut pada rancangan web yang akan saya buat. yaitu sebuah situs yang mendeskripsikan tentang NUSANTARA. Dimana pada situs tersebut akan dideskripsikan berapa jumlah penduduk pada pulau A atau Pulau B. serta kota apa saja yang terdapat pada pulua A atau pulau B.


1 komentar: