Minggu, 13 Oktober 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

 1.      CONTOH PROFIL PERUSAHAAN YANG BERGERAK DIBIDANG IT
(Dikerjakan Oleh : Ivan Jond)
Gamatechno memulai operasinya pada Januari 2003 dengan nama Gama Technocamp, berkantor di Sekip N53 sebagai salah satu unit usaha dibawah PT. Gama Multi Usaha Mandiri yang didirikan oleh Universitas Gadjah Mada. Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan, maka pada 4 Januari 2005 secara resmi menjadi PT. Gamatechno Indonesia serta menempati Gedung Tekno Gama di Jl. Cik Di Tiro 34 Yogyakarta sebagai kantor pusat.

PT. Gamatechno Indonesia (Gamatechno) adalah manifestasi kompetensi UGM dibidang Teknologi Informasi yang menggabungkan kompetensi dan bakat dengan kultur budaya kreatif kota Yogyakarta. Gamatechno menyediakan solusi total teknologi informasi dengan fokus bisnis pada penyediaan produk software serta jasa konsultasi, pengembangan dan implementasi sistem yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan dibidang akademik, pemerintahan dan korporat.

Gamatechno memiliki keunggulan utama dalam penguasaan teknologi terkini yaitu Smartcard, RFID dan mobile solutions.Pada awal tahun 2006, Gamatechno lebih memfokuskan pelayanan Content Provider dan Competency Center melalui pembentukan anak perusahaan baru, yaitu PT. Inspira Inovasi Indonesia. Selain anak perusahaan, saat ini Gamatechno juga memiliki perwakilan di Jakarta sebagai sarana peningkatan layanan pelanggan dan mitra.

Beberapa client perusahaan .
a.       Institusi Bisnis : Bank Mandiri, Primagama, Microsoft Indonesia
b.      Institusi Pendidikan : MM UGM, STIE YKPN, Universitas Bung Hatta.
c.       Institusi Pemerintah : Polda Jambi, Pemkab Kendal, Dinas Pertanian.

2.      Cari Contoh Document untuk mendirikan perusahaan dan beri penjelasan tiap document.(dikerjakan oleh : Ridowan Nasution, Abdurahman Harris, Muhamad Bima.
Berikut saya tampilkan beberapa document yang digunakan untuk mendirikan perusahaan:



SIUP


 Siup adalah Surat Izin Usaha Perdagangan dimana SIUP ini merupakan surat izin untukmendirikan suatu perusahaan atau CV. Dengan adanya SIUP maka pendiri perusahaan atau CV dapat melakukan peminjaman modal pada BANK.
TDP

Tanda Daftar Perusahaan adalah surat pembuktian bahwa usaha yang didirikan benar sesuai dengan tempat domisili. TDP juga berfungsi untuk memperpanjang izin usaha.

  
NPWP












Nomor Pokok Wajib Pajak adalah identitas pembayaran pajak suatu perusahaan. NPWP wajib ada bagi perusahaan yang berpenghasilan diatas penghasilan tidak kena pajak.

Akte Notaries.

Akte notaries adalah  surat kuasa dari notaries tentang izin suatu usaha yang taat hukum. Notaries  bertanggung jawab keseluruhan terhadap pendiri perusahaan dengan adanya akte notaries menyatakan bahwa perusahaan teresebut sah dan legal.

SPT





Surat Pemberitahuan (SPT) adalah surat yang oleh Wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.


3.      Bagaimana Mekanisme mendapatkan proyek TI melalui Tender.
(dikerjakan oleh : Randy Rizki Permana, Oka Bakti utama. Riyan Hadi Saputro)


























Contoh diatas adalah Pengumuman Pelelangan Umum yang dilakukan melalui media massa. Pengumuman Pelelangan itu dilakukan oleh Panitia Pengadaan Barang dan Jasa dari suatu instansi Pemerintah (KPK).
Dari pengumuman itu terlihat bahwa instansi pemerintah tersebut telah membentuk suatu Panitia Pengadaan Barang dan Jasa yang khusus ditugaskan untuk melaksanakan tender. Perusahaan-perusahaan peserta Pelelangan/Tender harus memenuhi syarat-syarat kualifikasi sumber dana, perpajakan dan syarat-syarat administratif suatu badan usaha.Dokumen Lelang/Tender dapat di download dari website instansi atau diambil di Panitia Tender. Aanwijzing yaitu penjelasan dari Panitia Tender sehubungan dengan Dokumen elang/Tender, Spesifikasi Barang dan Jasa yang di tenderkan, Rencana Kerja dan Syarat (RKS) Pengadaan Barang dan Jasa, bentuk Kontrak atau Perjanjian Pengadaan Barang dan Jasa, serta hal-hal lain sehubungan dengan pelaksanaan tender dimaksud. Setelah melalui tahap aanwijzing maka setiap badan usaha peserta tender akan mempersiapkan dan mengajukan Surat Penawaran atas Barang dan Jasa yang di tenderkan.
Surat Penwaran dialamatkan langsung kepada Panitia Tender. Dilarang mengirimkan surat penawaran kepada orang perorang anggota panitia lelang atau pejabat Iainnya, terutama jika tender dilakukan oleh instansi pemerintah. Surat Penawaran yang asli harus dibuat diatas Kepala Surat perusahaan,bertanggal, bermeterai cukup, dan di cap dan tandatangani oleh pimpinan perusahaan. Surat Penawaran beserta berkas lampirannya dimasukkan kedalam sampul tertutup. panitia Tender pada saat menerima sampul tertutup yang berisikan surat penawaran dan lampiran berkasnya akan memberi surat tanda terima dimana di cantumkan nama perusahaan perserta tender, jam dan tanggal penerimaan. Catatan yang sama dibuat pada sampul Iuar Dokumen penawaran Tender. Semua dokumen penawaran tender akan dimasukkan kedalam kotak penyimpanan yang dikunci dan disegel oleh panitia tender.
Sesuai Dokumen Tender maka panitia Tender akan membuka kunci dan Segel kotak penyimpanan semua surat dan dokumen penawaran pada tanggal dan jam yang ditentukan. pembukaan kotak dokumen penawaran dilakukan dihadapan semua perusahaan peserta tender yang hadir sebagai saksi-saksi. Setelah pembukaan kotak maka panitia tender akan membuka semua sampul surat penwaran yang ada dalam kotak dan membacakannya satu persatu dihadapan saksi yang hadir. Dalam pembacaan ini mula-mula akan dipilih dan ditentukan surat penawaran yang memenuhi persyaratan administratif dan teknis yang telah ditentukan dalam dokumen tender. Yang tidak memenuhi persyaratan tersebut akan ditolak sebagai peserta tender. Surat penawaran tender yang memenuhi persyaratan administratif dan teknis akan diterima oleh panitia tender sebagai peserta tender, dan akan mengikuti tahap-tahap pemilihan berikut untuk menentukan perusahaan pemenang tender. Tahap-tahap pemilihan berikut adalah penentuan dari penawaran barang dan jasa yang terbaik. Kemudian penentuan jaminan finansial peserta tender yang memenuhi persyaratan, pengalaman dan reputasi peserta tender dipertimbangkan untuk menjamin kelancaran pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang diperlukan. Peserta tender yang lolos dari tahap pemilihan tersebut diatas selanjutnya akan mengikuti pemilihan berdasarkan harga penawaran terbaik dan termurah untuk menentukan peserta pemenang tender. Setiap tahap pemilihan tersebut diatas masing-masing dicatat dan dibuat dalam suatu Berita Acara.

1. Ivan Jond = 53410680 
2. M Bima Bagus = 54410123 
3. Oka Bakti Pratama = 55410247
4. Randy Rizki Permana = 55410634
5. Ridowan = 55410914 
6. Abdurahman Harris = 50410042 
7. Riyan Hadi Saputro = 56410080


Tidak ada komentar:

Posting Komentar